Ketoprak yang Gak Bisa Dimakan

Sesungguhnya saya sama sekali belum pernah liat langsung yg namanya ketoprak. Dan saya juga gak paham sebenarnya ketoprak itu apaan?? Bego bener ya..

Paling sih taunya ketoprak dari acara tv, koran dan artikel di internet. Dan kebetulan kemarin tetangga saya ngadain hajatan pernikahan, dan ada ketopraknya. Wiiuhh jarang² nih ada ketoprak.

Ketoprak yang bisa dimakan

2 ponakan saya sebut aja namanya Rido dan Lucky, lagi² senang²nya sama acara hantu²an di salah satu stasiun tv, saya sebutin inisialnya aja ya; ANTV. Tahukan maksudnya?? nha di sinetron tersebut yg menjadi maskotnya ialah ketoprak. Begitu denger tetangga ngadain hajatan dan ada ketopraknya, dgn semangat 45, dua bocah penuh penasaran ini bergegas ke tkp.

Niatnya pengen nyicip, bila perlu beli deh yang penting bisa makan ketoprak. Perlu diketahui, ketoprak bukanlah jajanan populer di Binjai. Tapi apalah daya, ternyata ketoprak yg didambakan pun sirna. Ketopraknya kagak bisa dimakan, cuma tontonan doang.


Ketoprak yang kagak bisa dimakan


Yaaaaaaaaaaaa.....

Setelah googling saya baru paham, ketoprak itu memiliki 2 arti; ketoprak makanan dan ketoprak seni budaya. Ternyata tetangga ngundang rombongan ketoprak atau semacam OVJ gitu buat meriahin hajatannya.

Sekarang, saya baru paham. Ketoprak makanan khas Jakarta. Pantes ya di Binjai, Sumut ini jarang ada ketoprak. Kalo ada yg jual pun masih langkah. Dari kecil saya lebih asyik jajan sate Padang sama bakso kojek. Kapan² aja ya bahas bakso kojek ini.

Dan ketoprak juga bisa diartikan sebagai seni budaya. Sebuah pentas drama tradisional yg diyakini berasal dari Surakarta dan Jogja. Meski di Sumut, masyarakat Jawa di kota Binjai, Langkat, Deli Serdang maupun Medan masih ada yg melestarikan kesenian yg satu ini. Walau gak sepopuler acara dangdutan. dan jujur saya belum sama sekali meliat ketoprak ini..

Jadi gitu penjelasannya ya gaes. Ketoprak bisa diartikan makanan, bisa juga kesenian dan bisa bikin GAGAL PAHAM. Dari sini saya semakin percaya, betapa beragamnya bahasa & kebudayaan di Indonesia ini. Karena sepengetahuan saya, ketoprak makanan dari sisi komposisinya; lontong/ketupat disiram bummbu kacang. Selama ini saya kira lontong pecel. Karena kalau ada bumbu kacangnya berarti itu pecel, karedok ada kacangnya itu juga saya sebut pecel sayur. Nikmati aja ya.. Mungkin bahasan seperti ini uda sering di ulas beberapakali, tapi yg jelas saya baru paham sekarang.

Comments

  1. Wkwkwkw, ternyata ketoprak ketoprak yang gak bisa dimakan wkwkw.

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu menambah notifku

Popular posts from this blog

Kios Ikan Hias 2R Binjai: Menjual Ikan Hias yang Cantik-Cantik

Jajanan Favorit Sejak Kecil, Bakso Kojek

Cara Hidup Sehat ala Suku Hunza, Suku Tersehat di Dunia: