Jajanan Favorit Sejak Kecil, Bakso Kojek

Baksonya kecil-kecil, tapi banyak - kokiers.com

Bakso!! Telolet !!
Eh ini bakso apa truk sih, kok ada teloletnya. Kalo bisa disatukan kenapa gak?

Salah satu jajanan favorit saya sejak kecil, yakni BAKSO KOJEK. kenapa ada teloletnya? Karena abang-abang yg jualan bakso biasanya pakai suara terompet untuk  menarik pembeli. Memang sih suaranya gak segede "om telolet om" tapi lumayan bikin ramai. Hihihhi..

Sementara untuk kata KOJEK, saya gak ngerti asal kata itu darimana & artinya apa. Abang tukang baksonya pun sering dipanggil "jek", dan sesungguhnya Kojek gak ada kaitannya dengan Ok-Jek ataupun Gojek. Serius deh!!

Penasaran dengan Bakso Kojek, yuk kepoin di google.

Yuk kepoin asal-usul bakso Kojek

Hasilnya cenderung menyebut bakso kojek dari daerah Medan dan Solo. Yaps tepat sekali, kalo bakso Kojek di Medan sekitarnya gak usah di tanya lagi. Sementara kalau bakso Kojek dari Jawa biasa disebut Pentol Kojek, artinya sama saja. Dan bahkan dulu langganan bakso kojek saya itu perantauan dari Jawa, ketahuan dari logatnya medhok. Tapi sekarang uda balik Jawa kayaknya.

Soal rasa, bakso kojek terlalu enak buat jajanan murah meriah. Jaman saya SD, hanya dgn Rp. 500 uda bisa jajan bakso kojek. Dan lagi, kita bisa pilih sendiri mau pakai kuah apa. Ada Kari, Rendang dan Saos. Saya selalu pilih pakai kari atau rendang, *ya jelas lebih enak* tapi kadang cuma kebagian pakai saus sambal. Huhu..

Anak-anak seusia SD biasanya menjadi langganan setia Kojek - kampung-media.com

Terus, kalau mau jajan bakso kojek ini untung²an juga. Syukur² deh nemu abang bakso yang baksonya enak. Kalau Zonk, ya baksonya gak enak, uda gitu sausnya encer kayak air pipis *eh*. Eh tapi overall bakso kojek itu enak, namnya juga bakso makanan sejuta umat.

Ya gitu deh cerita sekilas soal bakso kojek, secuil kulineran dari sekian banyak ragam kuliner di negeri kita tercinta ini, Indonesia!!

Comments

  1. jajanan ini juga kesukaan saya dulu ketika masih kecil mas...dan sampai sekarangpun bakso kojek masih eksis lhoo

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu menambah notifku

Popular posts from this blog

Kios Ikan Hias 2R Binjai: Menjual Ikan Hias yang Cantik-Cantik

Cara Hidup Sehat ala Suku Hunza, Suku Tersehat di Dunia: