Ciri - Ciri Hedon, Apa Kamu Termasuk?

Ilustrasi: sifat hedon - kaskus.co.id


Kemarin itu saya liat salah satu acara favoritku di Net tv, acara "nyeleneh" nya Cak Lontong. Di episode yg lagi ngebahas tentang Hedon. Aduuuh dari kemarin saya nonton tv mulu ya, sedangkan orang² uda jarang.

Hedon?? Apaan itu, emang mau buat roti "hedonan". Huaaa.. Tapi Ternyata hedon itu merupakan sifat yg lagi populer saat ini, jadi bertambahkan kosa kata saya gara² acara "gil*" ini.

Sebenarnya saya uda sering lihat tingkah² orang yg kayak gini. Orang² yg selalu mengukur kehidupan ini dari sisi materi. Di mana kesenangan duniawi berlandaskan harta merupakan tujuan hidup. Nha itu namanya Hedon.

Dari beberapa artikel yg aku baca dan menurut saya ini ya. Hedon itu awalnya gak buruk² amat. Menurut Wikipedia "Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan". Tapi di masakini sifat hedon lebih mengarah ke menghalalkan segala cara buat mengumpulkan pundi².

Secara rincinya saya gak tau kali. Tapi sejarah hedon ini lumayan panjang juga. Silakan baca sendiri ya, cari² gih dimana atuh!! Wikipedia misalnya.

Terus mau bahas apa dong dimari??

Oke oke, setelah kita tahu apa itu hedon. Mungkin kita bertanya² " apa iya gue termasuk hedon?" bisa jadi iya gaes kalo kamu punya sifat seperti berikut... Yuk mari disimak

Ingin Serba Mewah
Siapa sih yang nggakmau hidup dengan fasilitas terbaik? Rumah gedong di perumahan elit, mobil mewah, gadgetterbaru, dan lain-lain. Kamu termasuk hedonis jika sangat bergantung pada itu semua. Merasa hidup tak memiliki nilai jika orang tahu kualitas hidupnya hingga harus menutupi kenyataan.

Bagi mereka yang kaya raya tujuh turunan tak jadi masalah. Yang repot adalah kita orang tidak kaya cenderungmiskin tapi belaga kaya. Memaksakan diri seolah-olah kaya raya.

Rata-rata orang hedonis tak mau terlihat rendah di mata orang lain. Tinggal di kontrakan dibilang apartemen, berangkat kerja naik bajaj dibilang naik taksi. Gengsi adalah sikap yang dijunjung tinggioleh sang hedonis. Pepatah orangtua bilang hidup hedon itu hidup kebanyakan gaya minim daya.

Point pertama ini adalah hedonisme tingkat akut yang hanya pas dilakukan orang berada.

Selektif Memilih Teman
Pepatah mengatakan, bertemanlah dengan siapa pun dan pilihlah beberapa darimereka untuk menjadi sahabat. Pepatah ini berlaku untuk semua orang.

Dalam memilih teman, sang hedonis biasanya sangat selektif. Minimal yang selevel dengan gaya hidupnya atau siapa pun yang memberikan keuntungan buatnya.

Contoh sikap hedonis adalah selalu melihat ‘ke atas’ dalam urusan kenikmatan dunia. Oleh karenanya, mereka hanya akan ‘memandang’ orang yang lebih darinya.

Sebagian orang sepakat bahwa perilaku hedonis misalnya sering berpesta, dugem, minum-minuman keras, dan lain-lain.

Tak perlu cari tahu apakah dia hedonis atau tidak, bagaimana gaya hidupnya, cukup lihat dengan siapa dia berteman.Sang hedonis akan bergabung dengan para hedonis lain untuk menikmati hidup mereka.

Konsumerisme Tingkat Akut
Seseorang yang hedonis bisanya memiliki sifat konsumtif yang tinggi. Tak peduli penting atau tidak, butuh atau tidak, mereka akan selalu memenuhi kebutuhan kekinian.

Rata-rata sang hedonis tidak memiliki skala prioritas dalam pengaturan keuangan. Maka tak jarang dengan gaya hidup hedon yang diterapkan membuatdiri mereka kesusahan, banyak hutang, tidak punya tabungan.

Baru sehari gajian uang sudah habis untuk keperluan yang tidak penting dan cenderung hura-hura. Promo dan diskon selalu diburu hedoners, entah gadget, pakaian, alat elektronik, kendaraan, bahkan sekalipun rumah.

Yang cukup menggelitik saya hedoners ini meremehkan keperluan atau kebutuhan kecil. Meminta dan meminjam hal kecil (kadang tidak dikembalikan) sudah menjadi watak mereka. Keramahan kita dimanfaatkan sangat baik untuk memnuhi kebutuhan besar, yaitu kesenangan mereka sendiri.

Tidak Memiliki Kepekaan Sosial
Buat hedoners, apapun kondisi politik, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya bukan urusan mereka. Biarlah BBM naik, harga kebutuhan pokok naik, siapapun yang memimpin negeri, dan konflik sekalipun takkan pernah peduli. Yang penting dirinya aman dan hidup senang.

Sebagian hedoners sulit berbagi rezeki untuk mereka yang kurang mampu. Cari duit yang sulit jadi alasan. Semoga kita nggak seperti itu ya.

Cenderung Jauh dari Agama
Dalam kitab suci agama saya, Islam, sudah mencatat bagaimana kehidupan hedoners. Dalam Surat At Takaatsur ayat 1-3 yang artinya: “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, hingga masuk ke dalam kubur. Janganlah begitu, kelakkamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), ….“Hampir tak ada hedoners yang rajin shalat apalagi mengaji. Mungkin hanya di satu kesempatan saja, yaitu bulan Ramadhan.

Agama merupakan pendidikan dasar yang bisa membentuk manusiaberkarakter, peka terhadap lingkungan sekitar, dan pastinya memiliki prioritas hidup setelah kematian.

Entah di agamamu (non Muslim) apakah ada ajaran atau aturan yang melarang ummatnya hidup berlebih-lebihan. Yang pasti hidup hedonisme akan selalu bertentangan dengan ajaran agama. Oleh karena itu hedoners tidak dekat dengan agama.

Demikian ciri-ciri sifat hedon yang mungkin tanpa sadar kita miliki dewasa ini.

Sumber: idnations.com

Comments

  1. Mantap jiwo informasinya gan, skrg ga bisa dipungkiri kalo kawula muda terjerat dalam kehidupan hedonisme, dan hanya orang itu sendirilah yang bisa merubah dirinya :D

    ReplyDelete
  2. Gunakanlah waktu sebaik mungkin jangan sia siakan dengan hal yang tidak bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu menambah notifku

Popular posts from this blog

Kios Ikan Hias 2R Binjai: Menjual Ikan Hias yang Cantik-Cantik

Jajanan Favorit Sejak Kecil, Bakso Kojek

Cara Hidup Sehat ala Suku Hunza, Suku Tersehat di Dunia: