Larangan Lewat di Depan Orang Sholat



Sebenarnya postingan ini untuk hari Jumat yg lalu. Tapi maaf baru sempat di publish hari ini. Gak pa2 lah, namanya juga blog pribadi jadi sukak ati aku aja. Hehe :)

jadi ceritanya jumat kemarin sama dgn hari jumat biasanya. Sebagai cowok muslim sudah berkewajiban utk sholat jumat. Kalau kata orang2 sih, "jumatan dulu biar ganteng" hahaha :-D . Di masjid deket rumah juga sholat jumatnya sama dgn masjid pda umumnya. Disini gk ada spongebobs atau doraemon, jadi gk usah dibahas kali.

singkatnya jumat itu aku uda duduk aja anteng di atas karpet masjid. Sperti kebiasaanku, suka liat kanan kira. Mana tau ada cewek, eh ternyata gk ada *ini jumatan bang*. Hah :-D

tapi aku sempat melihat jamaah lain sedang sholat sunnah. Gk ada masalahnya sih dgn gerakan sholatnya. Yang salah itu, orang yg tiba2 melintas bak model diatas karpet merah, persis di depan orang sholat tadi. *mashallah* bathinku. Ini orang gk tahu, gk sadar atau pura2 gk tahu apa ya. Perbuatan dia uda salah, tadi mukanya santai gk bersalah gitu.

khatib mulai berdiri. Dan tiba2 ada tingkah jamaah yg luar biasa lagi. Kalau tadi hanya lewat didepan orang sholat, kali ini dia juga melangkahi orang2 yg duduk didepannya. Jadi kesalahannya uda 2. Aku cuma trdiam aja, dan langsung memfokuskan perhatian khatib yg sudah mulai perform diatas mimbar.

melintas didepan orang sholat kedengarannya sepeleh bagi sebagian orang. Aku juga sebenarnya gk peduli'in orang mau ngapain. Tapi sudah kewajiban bagi sesama muslim untuk saling memperingati salah dan benar. *gilak ya, bahasa gue macam uda paling tau aja*

kembali ke bahasan hukum melewati orang yg sedang sholat. Rasullullah Saw pernah bersabda dalam salah satu hadist, "Seandainya orang yang lewat di depan orang shalat mengetahui tentang dosanya, maka pastilah menunggu selama 40 lebih baginya dari pada lewat di depannya. (HR Bukhari dan Muslim)

aku sebenarnya bukan paham betul pasal hadist ini. Jika ingin tahu keterang lebih lanjut, yok bisa dibaca disini.

oke tugas untuk sekedar mengingatkan cukup disini dulu. Semoga dilain waktu akan ada posting-posting Islami lainnya ya, doakan aja.

Comments

  1. terimakasih sudah diingatkan :)

    ReplyDelete
  2. Mang Aduls : itu yg saya kurang tahu

    ReplyDelete
  3. Kalo aku mending nunggu sampai ada jalan untuk dilewati ;-D

    ReplyDelete
  4. jiah semua jamaah cowok kang -_-
    kalau aku biasanya lebih baik nunggu orang itu selesai sholat,baru deh permisi lewat.
    manteplah kang,lanjut baca hadistnya :)

    ReplyDelete
  5. ya mas yg 40 itu boleh d prjlas ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu menambah notifku

Popular posts from this blog

Kios Ikan Hias 2R Binjai: Menjual Ikan Hias yang Cantik-Cantik

Jajanan Favorit Sejak Kecil, Bakso Kojek

Cara Hidup Sehat ala Suku Hunza, Suku Tersehat di Dunia: