Jaga Kesehatan Mumpung Masih Muda

Saya pikir hampir semua orang setuju kalo kesehatan merupakan harta yg paling berharga di samping keluarga tentunya. Ya kita bayangkan aja ya, kalo misal kita punya kolam renang mewah berlapiskan emas aseli, tpi kalo kita kesentuh air sikit aja uda menggigil. Kan susah mau renang, percuma punya kolam kalo gitu.

Jadi gitulah kira2 kalo kita punya harta tapi gak sehat.


Dan lagi ngomongi tentang kesehatan, saya ini termasuk manusia yg langganan , kalo kata orang sini katanya "tukang sakit". Tapi aku gak yg kayakmana - kayakmana sih, positive thinking aja. Menurut ku waktu pas sakit itu, jadi alasan buat kita beristirahat dari hiruk pikuk dunia ini, mau gak mau.

Disinilah gaes, menjaga kesehatan sejak dini menjadi keharusan. Kalo jaga kesehatan pas uda tua, itu namanya mengobati bukan menjaga kesehatan. Kira2 gitu ya, jadi gak ada cerita ya karena mumpung masih muda dipuas-puasi nakalnya, rokoknya, begadangnya nanti kalo uda tua baru " tobat ".

Nah maka itu gan, berikut ini aku bagikan tips dari kesehatanpedia.com untuk menjaga kesehatan di usia muda, mumpung masih muda ayo terapkan gaya hidup sehat.


1.     Melakukan Aktivitas

SehatMelakukan aktivitas sehat yaitu dengan cara berolahraga secara teratur serta meninggalkan segala kebiasaan yang tidak menyehatkan, seperti kebiasaan minum minuman keras, kebiasaan merokok dan mengonsumsi narkoba. Kebiasaan buruk tersebut perlu dihindari untuk mencegah terjadinya penyakit yang berbahaya nantinya.


2.     Mengajak Otak Untuk

BerolahragaTak sedikit remaja Indonesia yang mengalami Alzheimer atau kepikunan dini. Hal itu disebabkan otak tidak diasah dengan baik. Mengasah otak atau mengajak otak untuk berolahraga dapat dilakukan dengan cara mengisi teka teki silang, menjawab pertanyaan saat pelajaran, berusaha memecahkan masalah,dan membaca buku yang disukai

3.     Menjaga Berat Badan

Tubuh yang terlalu gemuk atau yang disebut dengan obesitas, tentunya akan memberi ancaman bagi kesehatan. Pasalnya tubuh yang gemuk atau yang terlalu gemuk akan lebih rentan terhadap segala jenis penyakit yang mematikan, seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.

4.     Mengontrol Pola Makan

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi setiap harinya, jika tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup dapat memberikan dampak bagi kualitas kesehatan tubuh.

5.     Memenuhi Asupan Vitamin D dan Kalsium

Untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan asupan vitamin D dan kalsium. Hal itu bisa dilakukan dengan cara makan sayuran yang berwarna hijau, minumsusu, dan terpapar sinar matahari di pagi hari.

6.     Tidak Menjemur Tubuh DiTerik Matahari

Menjemur tubuh di pagi hari dan terkena sinar matahari sangatlah baik untuk kesehatan. Akan tetapi melakukan hal tersebut di siang hari saat matahari terik pastinya akan berdampak yang burukuntuk kesehatan. Sinar matahari yang terik mengandung radikal bebas seperti sinar UV, jika terpapar sinar matahari langsung tanpa menggunakan pelindung seperti tabirsurya maka akan mengakibatkan terkena penyakit kanker kulit.

7.     Memenuhi Asupan Omega 3 dan Asam Lemak

Kandungan omega 3 dan asam lemak banyak terdapat pada jenis ikan-ikanan, seperti ikan tuna, kod dan salmon. Mencukupi kebutuhan tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke.


Comments

Popular posts from this blog

Kios Ikan Hias 2R Binjai: Menjual Ikan Hias yang Cantik-Cantik

Jajanan Favorit Sejak Kecil, Bakso Kojek

Cara Hidup Sehat ala Suku Hunza, Suku Tersehat di Dunia: