Manfaat Psikologis Memelihara Ikan Hias


Memiliki aquarium dengan ikan hias yang lucu-lucu didalam ruangan rumah biasanya untuk keperluan dekorasi. Namun siapa sangka, ternyata memelihara ikan hias dalam aquarium juga mampu memberi manfaat bagi psikologis.

Sebagai terapi jiwa, mengontrol emosi saat menikmati pemandangan dari aquarium. Karena sifat bawaan air ialah menenangka. Lumayankan, sekali-kali ganti tontonan. Kalau sepanjang hari lihat yang mononton bikin penat, lihat tv, hp bikin mata sakit. Nah, bisa deh tuh nenangin diri lihat-lihat ikan hias. Berikut selengkapnya Manfaat Psikologis Memelihara Ikan Hias:

1. Bermanfaat untuk Penderita Alzeimer

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa penderita Alzeimer secara rutin memandangi ikan dalam aquarium menjadi turun tingkat agresifitasnya, supplement yang dibutuhkan menurun drastis dan nafsu makannya bertambah dan mengkondisikan pikiran cenderung stabil.

2. Efek Psikologis

Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak yang memandangi ikandalam aquarium juga akan merasakan efek postifnya, terutama bagi anak yang hiperaktif. aquarium ikan hias dapat membuat mereka lebih tenang dan lebih lelap tidur saat malam hari, pasien sakit gigi akan merasa lebih santai dan tenang jika melihat ikan dalam aquarium.

3. Mengontrol Emosi

Manfaat Merawat Ikan Hias yang pertama yaitu membuat seseorang merasakan kesejukan saat melihatnya. Bahkan dipercaya dapat mengontrol emosi seseorang Mengapa ? yang pertama adalah air,air membawa kesejukan bagi siapa saja dan yang kedua gerak-gerikIkanHias yang ada di dalam aquarium / kolam yang membuat kita serasa tenang.

4.Kebahagiaan saat merawat ikan

Stress tidak hanya bisa dihilangkan saat kita menikmati keindahan ikan hias. Tetapi saat kita merawatnya, kebahagiaan juga bisa dirasakan sehingga stress akan menjauhi kita. Misalnya saja saat kita memberikanmakanpada ikan. Kita akan melihat mereka berenang cepat memperebutkan makanan. Hal ini tentu sangat menyenangkan.

5. Memberi Inspirasi dan Ide

Ketika kita sedang memandangi ikanhias di dalam akuarium. maka perasaan kita akan merasa lebih tenang damai dan biasanya situasi seperti itu dapat menimbulkan Ide-ide yang cemerlang secara spontan dari dalam pikiran kita.

6. Menambah Keindahan Ruangan

Ikan hias juga mempunyai nilai seni tersendiri menurut sebagian orang terutama orang yan gemar menghias ruangan baik di ruang tamu, kantor, kamar tidur dll. keindahan yang diberikan oleh ikan hias ini sangat bagus dan menarik.

7. Menjernihkan Pikiran

Memelihara Ikan hias juga memiliki manfaat menjernihkan pikiran dan menetralkan perasan. Hal ini ada kaitannya dengan kesehatan. ketika kita merasa bosan atau stres, cobalah untuk melihat Ikan Hias yang berwarna-warni dan berenang dengan gemulainya di dalam airpada Aquarium. Aktivitas ikan di dalam akuarium mampu menjadi hiburan tersendiri dan dapat mengurangi stres kita.

Demikian manfaat yang bisa didapat dari memelihara ikan hias. Banyak cara untuk mencapai ketenangan jiwa, salah satunya ialah memelihara ikan hias. Ya ini hanya pilihan sih.

https://she.id/article/4027/7-manfaat-psikologis-memelihara-ikan-hias-di-rumah.html?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5076459873

Comments

  1. wahhh artikelnya menarik sekali mas. makasih yaa. ditunggu artikel-artikel lainnya

    ReplyDelete
  2. Benar mas, stelah saya melihat ikan di aquarium rasanya hati jadi tenang

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar kamu menambah notifku

Popular posts from this blog

Kios Ikan Hias 2R Binjai: Menjual Ikan Hias yang Cantik-Cantik

Jajanan Favorit Sejak Kecil, Bakso Kojek

Cara Hidup Sehat ala Suku Hunza, Suku Tersehat di Dunia: